Website POKJA PPS SUMSEL

Peningkatan Kapsitas SDM Pemetaan Konflik di Provinsi Sumatera Selatan


Pada hari Selasa 23 Oktober 2018 diadakan pembukaan kegiatan Peningkatan Kapasitas SDM Pemetaan Konflik / Pelatihan Asesor di S-One Hotel Palembang. Jumlah peserta peningkatan kapasitas sebanyak 30 (tiga puluh) orang yang berasal dari Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Selatan, KPH yang terkait dengan penanganan konflik tenurial di seluruh Provinsi Sumatera Selatan dan Balai PSKL Wilayah Sumatera.

Dalam pembukaan ini, disampaikan oleh perwakilan Pengaduan Konflik, Tenurial dan Hutan Adat (PKTHA) BPSKL bahwa jumlah pengaduan konflik tenurial kawasan hutan yang masuk di PSKL per Maret 2018 sebanyak 256 konflik. Menjawab kondisi tersebut, Kementerian LHK berinisiatif dan berkomitmen dalam penanganan konflik tenurial hutan guna mewujudkan masyarakat yang sejahtera dan terjaganya kelestarian alam. Direktorat PKTH telah meregulasikan kebijakan sebagai dasar dalam penanganan konflik tenurial kawasan hutan. Upaya ini telah disusun agar dapat diimplementasikan dalam kepentingan berbagai pihak terkait.

Berdasarkan laporan Ketua Pelaksana, Ir. Bresman Marpaung, kegiatan peningkatan kapasitas SDM Pemetaan Konflik akan berlangsung selama 3 hari hingga 25 Oktober 2018. Beliau memaparkan bahwa minimnya jumlah asesor dalam pemetaan konflik mengakibatkan tidak sahnya laporan jika dalam tim tidak melibatkan personil yang pernah mengikuti pelatihan SDM ini. Selain itu, pelatihan ini juga bertujuan agar mewujudkan asesor yang dapat membantu pelaksanaan penanganan tenurial, menjembatani akses keadilan berupa bantuan di dalam menghimpun dan mendeskripsikan pemetaan konflik, mempercepat terlaksananya penyelesaian konflik tenurial, meminimalisasi kemungkinan kriminalisasi masyarakat di bidang lingkungan hidup dan kehutanan, dan mensosialisasikan perhutanan sosial sebagai salah satu alternatif penyelesaian konflik tenurial.


1 Komentar

  1. Pendaftaran Mahasiswa Baru
    Pendaftaran Mahasiswa Baru
    21 Januari 2019 - 07:50:28 WIB

    harus ditentukan dengan jelas. http://goo.gl/YuAbXF


Tulis Komentar